Rechercher dans ce blog

Tuesday, February 21, 2023

Cuman Introvert, Bukan Anti Sosial Kok - Kompasiana.com - Kompasiana.com

Introvert seringkali dikaitkan dengan pendiam, pemalu, jarang bergaul, tidak banyak teman, sombong, dan sebagainya. Nyatanya tidak semua Introvert seperti yang ada dalam pikiran orang-orang. Mereka terlalu cepat  mengambil kesimpulan dengan apa yang hanya mereka lihat. Padahal banyak juga orang-orang yang berkepribadian introvert, tapi mereka pandai berbicara, memiliki relasi yang luas, pengalaman yang banyak.

Jadi introvert itu sebenarnya bagaimana ?

Introvert adalah kepribadian dimana seseorang akan lebih nyaman berada  dilingkungan yang tidak begitu ramai, ini bukan berarti introvert anti sosial. Tetapi, ketika seorang introvert sudah merasa lelah dia butuh waktu sendiri untuk mengisi ulang energinya. Hal ini berbanding terbalik dengan extrovert, mereka mengisi energi mereka dengan bertemu orang-orang, menyibukkan diri dengan hal-hal yang berbau sosial dan keramaian.

Kepribadian introvert ataupun introvert biasanya dipengaruhi oleh faktor dari turunan sifat orang tua, lingkungan, serta pola asuh orang tua. Apabila orang tua ataupun orang-orang disekitarnya mendukung serta mengapresiasi kebaikannya, ia akan tumbuh dengan keberanian dan rasa percaya diri.

Sebaliknya, jika ia terus mendapatkan intimidasi, diejek, dibully, serta hal-hal negatif, maka ia akan tumbuh dengan rasa cemas, tidak percaya diri, dan takut untuk memulai sesuatu. Memang belajar untuk mengalahkan rasa cemas dan takut ini bukanlah hal yang mudah dan dapat dilakukan dengan waktu yang singkat, tapi selama kita bisa mengubah mindset dan berkeinginan kuat untuk bisa mengalahkannya, perlahan akan bisa.

Yuk mengenal lebih dalam tentang instrovert

1. Energi akan habis jika terlalu lama bersosialisasi dengan banyak orang.

Sekali lagi introvert bukanlah anti sosial, mereka bisa bersosialisasi, bisa menjadi pembicara yang baik, tapi ketika energi mereka terkuras, mereka akan mengisi lagi energi dengan menghabiskan waktu sendiri.

2. Teman sedikit tapi berkualitas

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya

Video Pilihan

Adblock test (Why?)


Cuman Introvert, Bukan Anti Sosial Kok - Kompasiana.com - Kompasiana.com
Read More

No comments:

Post a Comment

Problema Rangkap Dilema! Andis DOS Setuju Nitro Cuman Dikelas FFA, yang Lain Gimana Nih ? - Otoinfo.id

Otoinfo- Pada musim balap dragbike 2023, Pro dan Kontra penggunaan bahan bakar ‘Nitro’ begitu santer dibicarakan. Beberapa mekanik ju...