Rechercher dans ce blog

Thursday, November 9, 2023

Menkominfo Bilang Tak Usah Upgrade ke 5G Cuma Buat YouTube - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Penggunaan 5G atau yang disebut sebagai internet cepat bukan hanya untuk aplikasi-aplikasi mobile. Namun penggunaannya akan menjangkau sesuatu yang lebih luas lagi.

"Begini ini kan peningkatan kecepatan. 50-100 Mbps langsung ke 1 Gbps. Cuma harus diikuti dengan peningkatan keperluan. Kalau cuma Youtube sama sosmed 4 Gb 8 Mb nonton Netflix 8 Mb," kata Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi, dalam acara Digital Creative Leadership Forum, di Jakarta, Kamis (9/11/20230).

Sementara 5G akan menghasilkan kecepatan 500 hingga 700 mbps. Penggunaannya untuk autonomus car hingga Internet of Things (IoT).

"Autonomus car, IoT, kalau cuman nonton Youtube ngapain kencang-kencang," ujar dia.

Budi menambahkan untuk mencapai kecepatan 5G diperlukan dukungan berbagai sektor lain. Salah satunya adalah dari sektor kesehatan

Dengan 5G, sektor kesehatan bisa melakukan layanan dari jarak jauh. Ini bisa dilakukan dengan catatan internetnya sangat cepat.

"Artinya kecepatan 5G memerlukan dukungan berbagai sektor lain khususnya industri. Kesehatan kan perlu operasi jarak jauh. Kalau internetnya cepet 500-700 Mbps hingga 1 Gbps dokternya cukup di Jakarta," jelas dia.

Indonesia diketahui juga telah mengembangkan jaringan 5G. Beberapa wilayah telah bisa mengakses jaringan tersebut.

Ibu kota baru, Nusantara juga akan diselimuti jaringan 5G. Budi mengatakan jaringan itu harus ada di sana karena implementasi smart city.

"Gini, kalau IKN harus 5G, ngerjainnya kan smart city, masa cuma 50 Mbps," kata Budi.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Alasan Internet 5G Lambat di RI, Mastel Ungkap Ini


Adblock test (Why?)


Menkominfo Bilang Tak Usah Upgrade ke 5G Cuma Buat YouTube - CNBC Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Problema Rangkap Dilema! Andis DOS Setuju Nitro Cuman Dikelas FFA, yang Lain Gimana Nih ? - Otoinfo.id

Otoinfo- Pada musim balap dragbike 2023, Pro dan Kontra penggunaan bahan bakar ‘Nitro’ begitu santer dibicarakan. Beberapa mekanik ju...