Rechercher dans ce blog

Thursday, August 31, 2023

Luhut Mau RI Impor Sapi dari Brasil, Mendag Zulhas Setuju - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas menyambut baik rencana Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membuka keran impor sapi hidup dari Brasil. Cara ini dianggap sebagai salah satu upaya menekan harga daging sapi yang mahal di Tanah Air.

Zulhas mengatakan, dengan adanya rencana impor itu tentunya akan membuka opsi sumber sapi dari negara lain, sehingga yang dikirim masuk ke Tanah Air juga akan bertambah dan dapat menekan harga daging sapi hingga di bawah Rp 100.000 per kg.

"Ya bagus dong, jangan satu tempat saja. Masa cuman dari Australia, repot dong kita. Ada dari Brasil mana lagi boleh saja," kata Zulhas kepada wartawan saat ditemui di Kantor Kemendag, Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Lebih lanjut, Zulhas tak menampik kalau sapi-sapi yang ada di Indonesia saat ini mayoritasnya dari pengadaan luar negeri atau importasi. Sebab, katanya, Indonesia sendiri belum mampu memenuhi kebutuhan lokal, sementara kebutuhan akan daging sapi di dalam negeri begitu besar.

"Ya (pasokan) kurang dan memang ada jatahnya (untuk impor)," ungkapnya.

Mentan SYL Inspeksi Kedatangan Kapal Ternak di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (10/6/2022). (Dok: Kementan)Foto: Mentan SYL Inspeksi Kedatangan Kapal Ternak di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (10/6/2022). (Dok: Kementan)
Mentan SYL Inspeksi Kedatangan Kapal Ternak di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (10/6/2022). (Dok: Kementan)

Mengutip data BPS, rata-rata pertumbuhan konsumsi daging sapi sekitar 8,1% per tahun, sedangkan pertumbuhan produksi daging sapi lokal berkisar 5% per tahun.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memprediksi harga jual daging sapi di dalam negeri bisa turun di bawah Rp 100.000 per Kg pada bulan Maret 2024 mendatang, apabila pemerintah membuka keran impor sapi hidup asal Brasil.

"Mungkin bulan Maret 2024 kita sudah bisa melihat harga daging berada di bawah atau sekitar Rp 100.000 (per kg). Syukur-syukur sudah bisa dibawah Rp 100.000 (per kg), mungkin Rp 80.000 sampai Rp 90.000 (per kg), dan terus bertahap tentunya ya," ujar Luhut dalam unggahan Instagram resminya @luhut.pandjaitan.

Untuk itu, Luhut meminta agar pemerintah segera membuka keran impor sapi hidup yaitu sapi pejantan dan anakan dari Brasil untuk menekan harga daging sapi di dalam negeri. Hal ini katanya, juga sudah ia bicarakan kepada Presiden Joko Widodo.

"Kita selama ini hanya impor daging dari Australia, kemudian daging kerbau dari India, sehingga harganya tuh selalu di atas Rp 100.000 per kg. Saya lapor kepada presiden kalau kita datang kan dari 3 sumber ini ya mestinya harga daging bisa dibawah Rp 100.000 per kg, dan itu yang terjadi," ujarnya.

Luhut mengatakan, apabila harga daging itu menjadi murah, maka rakyat bisa lebih banyak makan daging dan itu tentunya akan menyehatkan masyarakat Indonesia.

"Jadi nanti rakyat bisa memb

eli dengan harga Rp 75.000 atau Rp 80.000 (per kg), daripada harga Rp 140.000 (per kg)," pungkasnya.

Sapi-sapi Brasil sendiri sudah bebas penyakit mulut dan kuku (PMK). Bahkan, 20% sapi Brasil berada di wilayah yang diakui bebas PMK tanpa vaksinasi dan 80% sisanya berada di zona bebas PMK dengan vaksinasi.

Hal itu dipertegas oleh pihak Kedutaan Brasil untuk Indonesia, Bruno Breitenbach kepada CNBC Indonesia, Kamis (31/8/2023). Pernyataan tersebut juga telah diverifikasi dengan dokumen terbaru yang dirilis World Organisation for Animal Health (WOAH) yang menerbitkan daftar anggota yang mempunyai zona bebas PMK, dimana vaksinasi tidak perlu dilakukan. Negara Brasil masuk di dalamnya.

Kepada CNBC Indonesia, Bruno menegaskan sapinya sudah bebas PMK. Wabah PMK terakhir di Brasil tercatat pada tahun 2006.

"Selanjutnya, Brasil telah diakui bebas PMK oleh Organisasi Kesehatan Hewan Dunia-OIE sejak tahun 2018 (Resolusi 22/2018 diadopsi pada Sidang Umum ke-86 Majelis Dunia OIE Delegasi)," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Bestie Jokowi, Ini Sederet Jabatan yang Pernah Dipimpin Luhut


(wur)

Adblock test (Why?)


Luhut Mau RI Impor Sapi dari Brasil, Mendag Zulhas Setuju - CNBC Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Problema Rangkap Dilema! Andis DOS Setuju Nitro Cuman Dikelas FFA, yang Lain Gimana Nih ? - Otoinfo.id

Otoinfo- Pada musim balap dragbike 2023, Pro dan Kontra penggunaan bahan bakar ‘Nitro’ begitu santer dibicarakan. Beberapa mekanik ju...