Rechercher dans ce blog

Friday, July 21, 2023

5 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Murah di Indonesia, Mahasiswa Cuman Bayar Segini saat UKT - Jurnal Flores - Jurnal Flores

JURNAL FLORES | EDUKASI - Salah satu hal yang menjadi pertimbangan calon mahasiswa dalam memilih jurusan kuliah adalah besaran biaya kuliah.

Tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat berbeda-beda di tiap kampus, serta disesuaikan pula kemampuan ekonomi mahasiswa

Dengan mengetahui jurusan kuliah apa saja yang biaya kuliah murah, calon mahasiswa dapat menentukan pilihan sesuai kesanggupannya.

Namun, perlu pula diingat bahwa kesempatan untuk memperoleh beasiswa di kampus terbuka lebar.

Baca Juga: Rocky Gerung: Orang NTT IQ Rendah, Romo Alfons Balas, Rocky Gerung Sesat Pikir!

Hal ini tentu dapat meringankan uang kuliah yang ditanggung mahasiswa. Berikut ini 5 jurusan kuliah termurah di Indonesia :

1. Jurusan Teknik Pengairan

Jurusan teknik pengairan menghasilkan ahli di bidang pengairan. Jurusan ini termasuk langka karena hanya terdapat di dua kampus, yakni Universitas Brawijaya Malang dan Institut Teknologi Bandung.

Ilmu yang dipelajari pada jurusan ini diterapkan misalnya untuk perencanaan sistem jaringan irigasi dan perencanaan pembangkit tenaga listrik.

Jurusan Teknik Pengairan Universitas Brawijaya menetapkan uang kuliah mulai dari Rp500.000 hingga Rp7.000.000.

Baca Juga: Inilah Deretan Negara dengan Penduduk paling Pintar di Dunia Berdasarkan IQ, Nomor Satu Bukan Amerika Serikat

2. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Ilmu tentang mengelola perpustakaan, mulai dari pengarsipan, penyimpanan buku dan dokumen, hingga mengelola informasi agar buku/dokumen mudah ditemukan, akan dipelajari di jurusan ilmu perpustakaan.

Ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini, seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, dan Universitas Brawijaya.

Uang kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro mulai dari Rp500.000.

Adblock test (Why?)


5 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Murah di Indonesia, Mahasiswa Cuman Bayar Segini saat UKT - Jurnal Flores - Jurnal Flores
Read More

No comments:

Post a Comment

Problema Rangkap Dilema! Andis DOS Setuju Nitro Cuman Dikelas FFA, yang Lain Gimana Nih ? - Otoinfo.id

Otoinfo- Pada musim balap dragbike 2023, Pro dan Kontra penggunaan bahan bakar ‘Nitro’ begitu santer dibicarakan. Beberapa mekanik ju...