Rechercher dans ce blog

Wednesday, November 3, 2021

Kenaikan Biaya Angkut Kontainer Nasional Dinilai Masih Wajar - Kompas.com - Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya pengangkutan kontainer atau freight domestik mengalami peningkatan. Kenaikan ini seiring dengan mulai pulihnya aktivitas perekonomian secara global.

Pengamat Kemaritiman Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Saut Gurning menilai, kenaikan tersebut masih wajar dan dibutuhkan oleh pelaku usaha pelayaran.

Menurutnya, penyesuaian biaya pengangkutan kontainer dalam negeri masih jauh lebih kecil dibanding biaya pengangkutan kontainer global, di mana sejumlah angkutan ekspor-impor mengalami kenaikan biaya ratusan hingga ribuan persen.

Baca juga: Menkop UKM Dorong Kabupaten Buleleng Ekspor Buah-buahan

Selain itu, industri pengangkutan kontainer dalam negeri disebut telah lama tidak melakukan penyesuaian harga, meskipun sejumlah biaya operasional merangkak naik.

"Jadi perusahaan pelayaran domestik itu sudah banyak berkorban selama pandemi ini. Kalau sekarang mereka melakukan penyesuaian freight ke beberapa pelabuhan tujuan, itu masih bisa dipahami," tutur Saut, dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (3/11/2021).

Saut mengatakan, efisiensi logistik sesungguhnya masih terbuka untuk dilakukan. Hal ini bisa dilakukan melalui pemangkasan biaya-biaya logistik di darat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika biaya-biaya di darat bisa lebih efisien, tentunya akan berdampak secara menyeluruh terhadap biaya logistik kita," kata Saut.

Baca juga: Jawab Kebutuhan Pasar Eropa, Anak Usaha Sido Muncul Ekspor Perdana Minyak Asiri ke Prancis

Berdasarkan data yang ia miliki, porsi biaya pelayaran kontainer relatif rendah terhadap total biaya logistik, yakni di kisaran 15 hingga 20 persen.

"Sementara komponen biaya terbesar justru ada di darat, hingga 50 persen," kata Saut.

Sebagai informasi, pemerintah saat ini tengah berupaya menekan biaya logistik, salah satunya melalui penerapan national logistic ecosystem (NLE).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, untuk memperkuat NLE, penguatan infrastruktur digital harus menjadi prioritas disamping pengembangan infrastruktur kapal dan pelabuhan.

Menurutnya, saat ini dunia sedang menghadapi ketidakseimbangan antara supply and demand dalam angkutan laut. Terutama terkait dengan ketersediaan kontainer yang terbatas.

Baca juga: Tekan Impor, Dua Produk Cangkul Lokal Sandang Predikat SNI

Sementara logistik kapal antarnegara terus meningkat permintaannya disaat masih banyak pelabuhan mengalami bottleneck akibat pandemi.

"Situasi ini harus dapat segera diantisipasi, termasuk oleh pelayaran domestik. Digitalisasi akan mendorong terciptanya efisiensi logistik," kata Airlangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)


Kenaikan Biaya Angkut Kontainer Nasional Dinilai Masih Wajar - Kompas.com - Kompas.com
Read More

No comments:

Post a Comment

Problema Rangkap Dilema! Andis DOS Setuju Nitro Cuman Dikelas FFA, yang Lain Gimana Nih ? - Otoinfo.id

Otoinfo- Pada musim balap dragbike 2023, Pro dan Kontra penggunaan bahan bakar ‘Nitro’ begitu santer dibicarakan. Beberapa mekanik ju...